SIAPAKAH ABU HURAIRAH MENURUT ALI IBN ABI THALIB, IBNU UMAR,, AISYAH, DAN BEBERAPA PERAWI HADIST SHAHIH LAINNYA???


Abu Hurairah banyak meriwayatkan hadishadis isra’iliyat, seperti Adam yang diciptakan seperti bentuk Allah, setan lari sambil kentut mendengar suara azan, Nabi Sulaiman yang mengancam akan membelah bayi yang diperebutkan dua orang ibu, Allah menaruh kakinya ke neraka, Nabi Sulaiman yang meniduri tujuh puluh wanita dalam semalam tapi hanya melahirkan seorang bayi separuh manusia, Nabi yang membakar sarang semut karena digigit seekor semut dll.
bagaimana komentar mereka terhadap Abu Hurairah, berikut sebagian yang terekam dikitab-kitab shahih ahlussunnah:
Ali bin Abi Thalib dan Abu Hurairah Tatkala Ali bin Abi Thalib mendengar Abu Hurairah berkata tentang Rasul Allah: ‘Telah bersabda sahabatku’, ‘Telah menyampaikan kepadaku sahabatku’, ‘Aku melihat sahabatku’, Ali berkata: ‘Sejak kapan (Rasul Allah saw menjadi sahabatmu) ya Abu Hurairah? (1)
Ali bin Abi Thalib menyebut Abu Hurairah adDausi ini sebagai pembohong yang paling berat dari umat ini (akdzabu annas).
Pada kesempatan lain Ali berkata: ‘Di antara orang hidup yang paling membohongi Rasul Allah adalah Abu Hurairah adDausi. Ali juga menamakan Ka’b alAhbar sebagai pembohong. (2)
Aisyah dan Abu Hurairah
Ibnu Qutaibah melukiskan hubungan Aisyah dengan Abu Hurairah: ‘Engkau menyampaikan hadis yang tidak kudengar dari Nabi saw’. Demikianlah katakata Aisyah yang ditujukan kepada Abu Hurairah. Abu Hurairah menjawab dengan jawaban yang tidak beradab dan tanpa hormat, seperti diriwayatkan oleh Bukhari, Ibnu Sa’d, Ibnu Katsir dan lainlain: ‘Engkau (terlalu) sibuk dengan cermin dan tempat celak!’. Dan di bagian lain ia berkata kepada Aisyah: ‘Aku tidak disibukkan oleh cermin dan tempat celak serta pewarna, tetapi aku melihat Anda demikian’. Dan diriwayatkan oleh Dzahabi bahwa Aisyah berkata kepada Abu Hurairah: ‘Keterlaluan Abu Hurairah, berlebihan yang engkau sampaikan tentang Rasul Allah!’. Dan Abu Hurairah menjawab: ‘Aku tidak disibukkan oleh cermin dan tidak oleh tempat celak dan tidak juga dengan alat pemoles (yang menjauhkan aku dari Rasul Allah)!’

Dan Aisyah menjawab: ‘Engkaulah yang sibuk mengurus perutmu, dan kerakusanmu membuat engkau terbirit birit pergi dari Rasul Allah dan bergegas (bersembunyi) di belakang orangorang, mengetuk rumah memintaminta makanan untuk memenuhi perutmu yang lapar sehingga mereka lari dan menjauhimu. Kemudian engkau jatuh pingsan di depan kamarku dan orang mengira engkau gila dan mereka menginjakinjak lehermu. (3)
Ibnu Umar dan Abu Hurairah
Abdullah bin Umar bin Khaththab menuduh Abu Hurairah sebagai pembohong. Misalnya, tatkala Abu Hurairah menyampaikan hadis tentang shalat witir.( 4) Atau tatkala Abu Hurairah menyampaikan hadis tentang anjing. Ibnu Umar menuduhnya membuat hadis untuk kepentingan Abu Hurairah sendiri dan dikatakannya didengarnya dari Rasul Allah. 5
Zubair bin ‘Awwam dan Abu Hurairah Tatkala mendengar hadis Abu Hurairah, Zubair berkata ‘Bohong’.( 6 ),
Umar bin Khaththab dan Abu Hurairah
Umar adalah orang pertama yang melihat bahaya hadishadis Abu Hurairah yang dikatakan didengarnya dari Rasul Allah. Umar menghalangi Abu Hurairah menyampaikan hadis tatkala ia pulang dari Bahrain. Umar mengancam akan mencambuknya andaikata ia menyampaikan hadisnya sebelum ‘penyakit menyebar dan kuman menjadi kebal’. Ibnu ‘Asakir meriwayatkan dari Sa’ib binYazid yang mendengar Umar berkata kepada Abu Hurairah: ‘Engkau harus berhenti menyampaikan hadis Rasul Allah atau engkau akan aku asingkan ke daerah Daus’. (7)

1.Ibnu Qutaibah, Tawil Mukhtalaf alHadits, hlm. 51
2.Ibn Abil Hadid, Syarh NahjulBalaghah, jilid 4, hlm. 68
3. Dzahabi: Sair alA’lam, jilid 2, hlm.435
4.Ibnu Qutaibah, Ta’wil Mukhtalaf alHadits, hlm. 28
5.Lihat Mahmud Abu Rayyah, Syaikh alMudhirah Abu Hurairah, hlm. 142, 143
6.Ibnu Katsir, alBidayahwanNihayah, hlm. 109
7. Dzahabi: A’lam anNubala, jilid 2, hlm. 433; alBidayah wanNihayah, jilid 8, hlm. 106.

0 comments:

Post a Comment